Senin, 09 Maret 2015

STRATEGIS KEGIATAN


Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang strategis kegiatan, sebaiknya kita mengetahui dahulu pengertian dari Strategis Kegitan tersebut.  Strategis didapat dari kata dasar Strategi , yang berarti pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu, sedangkan Kegiatan adalah aktivitas, usaha, pekerjaan atau kekuatan dan ketangkasan serta kegairahan. Suatu kegiatan dapat dikatakan strategis jika kegitan tersebut memiliki ciri sebagai berikut :

1. Kegitan yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain
2. Mudah dilaksanakan
3. Biaya yang relatif dan cukup rendah
4. Dilaksanakan secara umum
Dan strategis kegitan itu dapat diterapkan di berbagai bidang , diantaranya :

A. KESEHATAN

 Kesehatan bernilai penting untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan atau aktivitas yang kita jalankan sehari-hari, maka dari itu kita harus memelihara kesehatan tersebut. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan. Salah satu strategis kegiatan dalam memlihara kesehatan , yaitu dengan Mengkonsumsi Air mineral.

Tahukah anda, saat anda duduk dan membaca tulisan ini tubuh anda kehilangan cairan?
Karena sebagian besar tubuh kita didominasi oleh air, maka kebutuhan manusia akan air bukan hanya setiap hari, namun setiap jam Anda membutuhkannya, apalagi jika cuaca sedang panas atau terik, saat ini, daripada air yang hanya direbus untuk diminum, telah banyak yang menjual air mineral di berbagai toko. Seringkali Anda mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air mineral minimal 8 - 10 gelas atau 2 - 2,5 liter perhari. Anjuran tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat ada banyak manfaat yang terkandung pada air mineral yang dikonsumsi bagi kesehatan tubuh. Karena gaya hidup sehat yang mulai digalakkan lagi oleh banyak orang, ada baiknya juga jika kita mengenali apa saja manfaat air minera bagi kesehatan :

1. Menjaga keseimbangan tubuh
2. Meningkatkan Energi
3. Memperlancar sistem pencernaan
4. Membantu detoksifikasi tubuh
5. Kesehatan kulit
6. Menjaga kesehatan tulang
7. Meluruhkan lemak tubuh
8. Menjaga otak dan konsentrasi      

Jadi, suda tahu bukan beberapa manfaat penting air mineral? Yuk teruskan gaya hidup sehat dengan banyak minum air. Dengan meminum 8 gelas air putih setiap hari, anda akan merasakan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa, delapan merupakan jumlah minimal dan anda boleh menambah jumlahnya tanpa ada batasan, sebanyak-banyaknya!

B.  PENDAPATAN

 Salah satu tujuan strategis kegiatan yaitu kegitan yang dapat menghasilkan sesuatu, termasuk uang yang dapat meningkan pendapatan bagi kita sendiri maupun orang lain. Untuk mencapai hal tersebut kita harus memiliki strategi, dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan kemampuan yang kita miliki. Dalam memanfaatkan peluang yang ada kita dapat melihat potensi yang ada disekitar lingkungan atau daerah tempat kita tinggal, seperti saat ini saya melihat beberapa potensi untuk meningkatkan pendapatan dalam segi ekonomi di daerah Kabupaten Sumedang tempat saya tinggal , yang memiliki khas yaitu makanan Tahu Sumedang.
 
Mungkin sebagian orang di luar Kabupaten Sumedang dengan jangkauan daerah yang terlalu jauh maka tidak dapat merasakan Tahu goreng di Sumedang yang begitu nikmat karena sifat Tahu yang cepat basi apabila terlalu lama disimpan.  Tetapi dengan peluang tersebutkita dapat manfaatkan  dengan berinovasi terhadap makanan tersebut agar dapat dijangkau dan digemari oleh luar daerah Sumedang. Kita dapat mengolah tahu Sumedang dengan bentuk dan kemasan yang berbeda, misalnya Camilan dan Snack rasa Tahu Sumedang yang mudah untuk dipasarkan dan tahan lama, tanpa menghilangkan rasa tahu tersebut .

C. SOSIAL BUDAYA

Banyak sekali budaya diberbagai daerah yang memiliki strategis kegiatan yang bermanfaat bagi msyarakat itu sendiri yang berada di daerahnya, seperti salah satu budaya di tempat daerah saya tinggal yaitu Upacara seren taun/buku taun

Seren taun merupakan upacara adat sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap hasil bumi yang melimpah ruah. Seren tahun adalah upacara adat panen padi yang selalu diselenggarakan setiap tahun. Istilah seren taun berasal dari bahasa sunda seren yang artinya serah, seserahan, atau menyerahkan, dan taun ynag berarti tahun. Jadi seren taun bermakna serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya. Seren taun merupakan wahana untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hasil pertanian yang dilaksanakan pada tahun ini, seraya berharap hasil pertanian mereka akan meningkat pada tahun yang akan datang.Secara spesifiknya, upacara seren taun merupakan acara penyerahan hasil bumi berupa padi yang dihasilkan selama satu tahun untuk disimpan ke dalam lumbung padi atau dalam bahasa sunda disebut leuit ada dua leuit yaitu lumbung utama yang bisa disebut leuit sijimat, leuit ratna inten, atau lauit indung (lumbung utama); serta leuit pengiring atau leuit eutik 9(lumbung kecil). Leuit inudng digunakan  sebagai tempat menyimpan padi ibu yang ditutupi kain putih dan pare bapak yang ditutupi kain hitam. Padi dikedua leuit itu untuk dijadikan bibt atau benih pada musim tanam yang akan datang. Leuit pangiring menjadi tempat menyimpan padi yang tidak tertampung di leuit indung.
Upacara seren taun bukan sekedar tontonan, melainkan juga tuntutan tentang bagaimana bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa dengan digelar doa-doa, terlebih dikala panen. Upacara ini juga dimaksudkan agar Tuhan memberikan perindungna di musim tanam mendatang. Upacara seren taun pada intinya adalah prosesi penyerahan padi hasil panen dari masyarakat kepada ketua adat. Padi ini kemudian akan dimasukan kedalam leuit (lumbung) utama dan lumbung-lumbung pendamping. Pemimpin adat kemudian memberikan indung pare 9induk padi/bibit padi) yang sudah diberkati dan dianggap bertuah kepada para pemimpin desa untuk ditanma pada musim tanam berikutnya. Upacara biasanya iawali dengan mengambil air suci dari beberapa sumber air yang dikeramatkan. Biasanya air yang diambil berasal dari tujuh mata air yang kemudian disatukan dalam satu wdahdan didokan dan dianggap bertuah dan membawa berkah. Kemudian air tersebut dicipratkan keoada setiap orang yang hadir di upacara untuk membawa berkah. Ritual selanjutnya adalahsedekah nasi kuning (tumpeng), warga yang hadir berebut tumpeng yang dipercaya dapat memberi berkah yang berlimpah bagi yang mendapatkannya. Dalam upacara seren taun dilakukan berbagai keramaian dan pertunjukan kesenian adat setempat dan menyanyikan lagu-lagu karawitan buhun oleh juru kawih untuk menyembut karuhun pada pembuka acara agar acara berjalan lancar sampai selesai.

D. PERKANTORAN 

Strategis Kegiatan yang berhubungan dengan perkantoran tak harus dilakukan di kantor pula. Banyak kegiatan yang bermanfaat tinggi dan dapat dilakukan secara umum dalam hal perkantoran seperti Surat Menyurat

Surat menyurat adalah suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan secara terus menerus antara pihak yang satu kepada pihak yang lainnya. Dan dilaksanakan dengan saling berkiriman surat. Kegiatan surat menyurat ini disebut juga dengan istilah lainnya yaitu korespondensi. Jika hanya sepihak saja yang mengirimkan surat secara terus menerus tanpa ada balasan atau tanggapan dari pihak lainnya hal ini tidak dapat dinamakan kegiatan surat menyurat. Setiap kerja perorangan apalagi organisasi selalu membutuhkan kerja sama dengan pihak lain untuk mencapai tujuannya. Surat memiliki peranan penting dalam penyampaian informasi yang tidak langsung, agar komunikasi melalui surat dinilai efektif maka isi atau maksud surat harus terang dan jelas supaya penerima atau pembaca tidak menimbulkan salah arti. Mengingat pentingnya surat dalam perkantoran maka surat dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan fungsi serta tujuan surat tersebut. Dengan demikian surat menyurat dalam sebuah organisasi mempunyai kaitan dengan bidang-bidang kegiatan perkantoran lainnya yang menyangkut tata usaha. Kegiatan perkantoran yang berhubungan dengan surat adalah :

1. Surat menyurat/korespondensi yaitu bagaimana mengonsep surat yang baik, membuat surat yang baik dan juga memperbaiki surat. 
2. Pengetikan/typing yaitu bagaimana mengetik konsep surat yang sebaik-baiknya, sehingga, menjadi surat yang siap untuk dikirimkan.
3. Pengurusan surat/mail handing yaitu bagaimana menangani surat-surat yang masuk dan keluar yang sebaik-baiknya dengan prosedur yang efektif dan efisien.
4. Kearsipan/fiking yaitu bagaimana menyimpan dan menemukan kembali surat atau warkat dengan cepat dan tepat setiap saat diperlukan menurut sistem tertentu.

 Sedikit penjelasan tentang Strategis Kegitan di berbagai bidang,
Semoga bisa memberi inspirasi dan manfaat kepada pembaca dan mudah-mudahan dapat diaplikasikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar